Di Bawah Bendera Reformasi 1998

Di Bawah Bendera Reformasi 1998

Pada tahun 2014, Pamflet melakukan penelitian tentang anak muda dan hak asasi manusia di tiga kota di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, dan Palu. Salah satu temuan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya pengetahuan siswa mengenai hak asasi manusia. Salah satu sebabnya adalah kurang kreatifnya metode belajar mengenai materi hak asasi manusia di sekolah.

Atas dukungan Yayasan Tifa, Pamflet memfasilitasi obrolan antara guru dan teman-teman pekerja kreatif dalam mengembangkan dan memproduksi alat bantu belajar hak asasi manusia yang dapat mendorong pembelajaran hak asasi manusia yang kreatif di dalam kelas. Alat-alat bantu belajar disesuaikan dengan kebutuhan, gagasan, dan lokalitas dari guru dan siswa untuk kemudiran digunakan di tiga mata pelajaran yang mengandung materi hak asasi manusia secara eksplisit, yaitu sosiologi, pendidikan kewarganegaraan, dan sejarah.

Komik ‰ÛÏDi Bawah Bendera Reformasi 1998‰Û produksi Pamflet dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Diponegoro 1, Rawamangun, Jakarta adalah salah satu alat bantu belajar yang diciptakan untuk membantu siswa memahami lebih dalam pola-pola kekerasan yang pernah terjadi di Indonesia, dan mendiskusikan lagi tentang hak asasi manusia secara lebih menarik di dalam kelas. Diharapkan, komuk ini dapat memberi manfaat dalam proses belajar di dalam kelas, menambah pengetahuan para siswa dan pemuda bangsa mengenai salah satu titik peristiwa sejarah di Indonesia, serta membuat kita tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang peristiwa-peristiwa di Indonesia yang hingga kini belum tuntas penyelesaiannya.

Yuk baca komik ‰ÛÏDi Bawah Bendera Reformasi 1998‰Û di tautan berikut ini.

div#stuning-header .dfd-stuning-header-bg-container {background-image: url(http://www.tifafoundation.org/wp-content/uploads/2017/10/Reformasi.png);background-size: cover;background-position: center center;background-attachment: scroll;background-repeat: no-repeat;}#stuning-header div.page-title-inner {min-height: 650px;}