Summary/Outline

Dalam mempromosikan masyarakat terbuka di Indonesia, strategi yang digunakan oleh Tifa adalah memperkuat masyarakat sipil. Komitmen ini direfleksikan lewat dukungan kepada berbagai organisasi masyarakat sipil di Indonesia selama lebih dari 10 tahun. Sampai saat ini, Tifa telah mendistribusikan lebih dari US$ 16 juta kepada sekitar 600 organisasi, untuk mendukung lebih dari 900 inisiatif yang digagas di Indonesia.

Setiap tahun, Tifa menerima sekitar 300 proposal, dan mendukung sekitar 100 diantaranya. Di tahun 2010, Tifa menerima 550 proposal dan mendukung 100 program. Pada tahun ini, Tifa masih terus berkomitmen untuk mendukung pendekatan inisiatif inovatif yang berkontribusi pada promosi masyarakat terbuka di Indonesia. Kami mendanai berbagai program yang sejalan dengan fokus Tifa, sesuai dengan prinsip dan aturan pendanaan yang digunakan  serta prioritas program Tifa.

*Jumlah program yang didanai untuk sektor buruh migran sejak tahun 2004. Pada saat itu inisiatif buruh migran masih berada di bawah program Hak Asasi Manusia, dan beberapa program berada di bawah Capacity Building.

Sebagian besar hibah diberikan untuk kegiatan-kegiatan advokasi dan penguatan kapasitas untuk warga dan CSOs. Kegiatan advokasi yang didukung bervariasi dari mulai advokasi ratifikasi Konvensi internasional, UU, Peraturan Daerah, ataupun advokasi kasus-kasus pelanggaran HAM dan ketidakadilan.

Kegiatan penguatan kapasitas juga bervariasi. Sementara itu, meskipun prosentasenya masih terbilang kecil namun dukungan untuk riset selalu meningkat setiap tahunnya.

Program Lawas (yang telah ditutup)

Sebagai bagian dari komitmen untuk memperkuat organisasi masyarakat sipil, Tifa mendesain sebuah program, yang pada dasarnya mendukung pengembangan dan peningkatan kapasitas institusi lembaga. Program ini beroperasi sejak tahun 2003-2007, dan telah mendukung 94 inisiatif senilai US$ 1 juta. Salah satu inisiatif yang dikerjakan adalah TANGO: Transparansi dan Akuntabilitas NGOs, sebuah program yang menggabungkan instrumen penilaian dan serangkaian peningkatan kapasitas yang bertujuan mendorong transparansi dan akuntabilitas di kalangan NGO.

Untuk daftar penerima hibah dan kegiatannya, lihat di Program dan Kemitraan.