Geliat Paralegal LBH Padang Awasi Penggunaan Dana Desa

Geliat Paralegal LBH Padang Awasi Penggunaan Dana Desa

Karena minim pengetahuan hukum, masyarakat desa acapkali berada dalam posisi lemah ketika berhadapan dengan pemerintah maupun pemilik modal. Untuk meningkatkan pengetahuan warga di sektor hukum, Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) atas dukungan Yayasan Tifa memberikan pendidikan hukum secara cuma-cuma kepada masyarakat melalui Sekolah Paralegal. Pelaksanaan sekolah ini juga merupakan upaya mempromosikan dan memperluas akses keadilan bagi masyarakat dan kelompok rentan.

Salah satu sekolah paralegal yang telah menelurkan beberapa angkatan adalah Sekolah Paralegal Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang. Setidaknya, sampai saat ini, 80 orang paralegal dengan ragam latar belakang telah lulus dari sekolah tersebut.

Meski kebanyakan peserta Sekolah paralegal belum pernah mengenyam pendidikan tinggi, bekal hukum yang mereka dapatkan dari Sekolah Paralegal memampukan mereka untuk aktif mengawasi penggunaan dana desa di wilayahnya. Tak hanya itu, paralegal didikan LBH Padang bahkan ikut melakukan advokasi atas temuan-temuan penggunaan dana desa yang tidak transparan.

Bagaimana geliat paralegal LBH Padang dalam melakukan pengawasan dana desa di daerahnya? Simak selengkapnya di liputan Padang TV di bawah ini.

div#stuning-header .dfd-stuning-header-bg-container {background-image: url(http://www.tifafoundation.org/wp-content/uploads/2017/05/LBH-Padang-hllm-23-1.jpg);background-size: cover;background-position: center center;background-attachment: scroll;background-repeat: no-repeat;}#stuning-header div.page-title-inner {min-height: 650px;}