Hibah

Yayasan Tifa menjunjung tinggi prinsip bahwa seluruh pihak yang mampu dan memiliki gagasan orisinil yang sejalan dengan visi Yayasan Tifa, yaitu mempromosikan masyarakat terbuka di Indonesia, dapat mengakses dana hibah Yayasan Tifa.  Dalam mengimplementasikan proses grant-making, Yayasan Tifa memiliki prinsip-prinsip dasar pengelolaan dana hibah yaitu sebagai berikut:

  1. Berorientasi pada pelayanan mitra
  2. Transparan dan Akuntabel
  3. Fleksibel & Responsif
  4. Inovatif dan Berorientasi Hasil
  5. Berorientasi pada proses pembelajaran

Berdasarkan Strategi Narasi Yayasan Tifa periode tahun 2016-2020, alokasi dana hibah untuk tahun 2017-2020 adalah seperti tergambar dalam diagram di bawah ini:

Alokasi dana hibah untuk periode tahun 2017-2020

Alokasi dana hibah untuk periode tahun 2017-2020

 

Sepanjang tahun 2015 hingga tahun 2017, akan ada sekitar 70 proyek hibah yang masih berjalan. Dalam periode 2016-2020, Yayasan Tifa akan tetap memainkan peran tradisionalnya sebagai pemberi hibah bagi organisasi masyarakat sipil dan akan tetap memfasilitasi peningkatan kapasitas mitra agar bisa mengimplementasikan program dengan efektif. Namun, untuk beberapa isu sensitif yang terkait dengan keterbukaan, kebinekaan, dan keadilan, Yayasan Tifa akan mengambil peran yang lebih besar dan aktif dalam memperluas wacana publik dan memfasilitasi pertemuan para pihak sebagai bagaian dari aktivitas advokasi dan kampanye.

Untuk melaksanakan peran tersebut, Yayasan Tifa menjalani dua strategi pemberian dana hibah yaitu:

  • Mekanisme kemitraan strategis. Yayasan Tifa akan memetakan dan memilih organisasi masyarakat sipil yang dinilai bisa menjadi mitra strategis dalam pelaksanaan program dengan berdasar pada kapasitas dan rekam jejak organisasi tersebut.  Mitra strategis yang terpilih kemudian akan diundang untuk mengembangkan program tahun jamak (multi-years) bersama dengan Yayasan Tifa.
  • Mekanisme undangan terbuka (call for proposal). Mekanisme ini ditujukan untuk mendorong munculnya pendekatan-pendekatan inovatif dalam pelaksanaan program serta memupuk dukungan bagi organisasi-organisasi masyarakat sipil di tingkat lokal. Mekanisme undangan terbuka ini akan dilaksanakan dengan tema yang berubah-ubah sesuai dengan identifikasi masalah dalam dokumen program tahunan Yayasan Tifa.