FAQs – Hibah

Hal-Hal yang Paling Sering Ditanyakan Mengenai Hibah

Bagaimana saya mengajukan proposal untuk pendanaan kepada Tifa?

Pertama, pelajari prioritas program Tifa.  Setiap tahun, kita meluncurkan “Undangan Pengiriman Proposal”. Jika program yang dijalankan organisasi anda sesuai dengan yang diprioritaskan Tifa, silahkan pelajari tentang “Cara Pengajuan Proposal”.

Apakah saya harus mengikuti jadwal Permintaan Proposal?

Prioritas pertama diberikan kepada organisasi yang merespon “Permintaan Proposal Tifa”. Proposal yang masuk di luar periode penerimaan yang telah ditetapkan akan diproses setelah proses seleksi permintaan proposal dilakukan.

Apakah mungkin mengajukan program diluar prioritas program Tifa?

Tifa tidak mendukung program di luar prioritas program. Meski demikian, untuk merespon situasi darurat, Tifa mungkin mendanai program yang mungkin tidak biasa atau yang tidak tercantum dalam prioritas program.

Saya adalah perorangan yang mencari dukungan pendanaan. Apakah saya bisa mendapatkan pendanaan dari Tifa?

Sesuai dengan aturan yang berlaku, Tifa tidak mendukung pendanaan bagi perorangan. Tifa hanya menerima proposal organisasi masyarakat sipil.

Organisasi kami tidak terdaftar secara hukum. Dapatkan kami mendapatkan dukungan pendanaan dari Tifa?

Tifa lebih memilih memberikan pendanan bagi organisasi yang berbadan hukum dan terdaftar secara hukum. Meski demikian, untuk kebutuhan yang spesifik dan tergantung kondisinya, Tifa bisa memberikan dukungan dalam jumlah kecil kepada organisasi berbasis komunitas yang tidak memiliki badan hukum atau terdaftar secara hukum.

Apakah Tifa memberikan beasiswa?

Tifa saat ini mengelola program beasiswa bekerjasama dengan Open Society Foundation (OSF). Informasi lebih lanjut bisa dilihat disini

Apakah kita bisa mengirim proposal lebih dari satu dalam waktu yang bersamaan?

Kita akan sangat menghargai apabila organisasi dapat mengirimkan hanya satu proposal dalam satu periode penerimaan. Organisasi yang mengirimkan lebih dari satu proposal akan diminta untuk memilih salah satunya.

Saya memiliki beberapa materi yang ingin saya kirimkan bersamaan dengan proposal. Bagaimana caranya saya mengirimkannya?

Sebaiknya pengirim proposal hanya mengirimkan dokumen sesuai dengan yang diminta. Tifa tidak menerima contoh, prototipe atau material tambahan yang dilampirkan bersama proposal. Jikapun dilampirkan bahan-bahan tersebut tidak bisa dikembalikan. Jika Tifa merasa ada informasi tambahan yang dibutuhkan, Tifa akan menghubungi langsung organisasi pengaju.

Berapa lama proses pengkajian proposal berlangsung?

Umumnya proses pengkajian proposal, sampai didapat keputusan final adalah enam bulan. Namun, mengingat banyaknya proposal yang diterima Tifa,  kadangkala proses pengkajian memakan waktu lebih lama dari yang seharusnya. Status perkembangan proposal bisa dilihat di websitem kami dari waktu ke waktu dan permintaan informasi mengenai proposal bisa dilayangkan langsung melalui email Tifa.

Apakah pengambilan keputusan berada di tangan Program Officer atau Direktur Eksekutif Yyaasan Tifa?

Badan Eksekutif, termasuk didalamnya Program Officer dan Direktur Eksekutif tidak berhak memberikan keputusan akhir mengenai proposal yang telah diajukan, bahkan bagi proposal yang ditolak. Persetujuan awal bagi proposal yang direkomendasikan untuk disetujui diberikan oleh Penilai Independen (External reviewer), dan Pengarah (Board of Directors) akan memberikan persetujuan final terhadap proposal yang direkomendasikan untuk disetujui ataupun ditolak.

Apa hubungan antara Tifa dan Open Society Fooundation (OSF)?

Open Society Foundation, yang didirikan oleh filantropist George Soros, adalah donor utama Tifa. Tifa dan Open Society Foundation memiliki kesamaan visi atas masyarakat terbuka. Namun Tifa juga mendapatkan dana dari donor lainnya, diantaranya adalah JSDF melalui Bank Dunia, Ausaid dan Microsoft Unlimited Potential Program.