Modul Pemanfaatan Internet

Modul Pemanfaatan Internet

Masih banyak warga, terutama anak muda, yang menggunakan internet sebagai alat untuk mencurahkan kegalauan dan bahkan menyebar kebencian. Hal ini terjadi salah satunya karena mereka kurang atau tidak memahami cara memanfaatkan internet dengan baik dan benar. Untuk memperbaiki kondisi itu, Forum Demokrasi Digital dengan dukungan Yayasan TIFA membuka Kelas Muda Digital (Kemudi), dimana anak muda dapat menambah pengetahuan baru dan mempelajari etika internet agar mampu mengembangkan kapasitas dirinya.

Selain itu, Kemudi juga menerbitkan modul pemanfaatan internet bagi anak muda yang terdiri dari lima buku. Pertama adalah Buku Internet dan Hak Asasi Manusia (HAM) yang membahas hubungan antara hak warga (hak untuk berekspresi, bebas dari rasa takut dan ancaman, juga mendapat perlindungan privasi online) dalam mendorong demokratisasi, pemerintahan terbuka, dan internet di Indonesia. Kedua adalah Buku Internet untuk Demokrasi yang memaparkan secara mendalam konsep demokrasi digital. Ketiga adalah Buku Tata Kelola Internet yang berisi penjabaran mengenai prinsip dasar pengelolaan internet. Keempat adalah Buku Privasi dan Keamanan Internet yang berisi informasi bagaimana cara menjaga privasi dan keamanan ketika sedang menggunakan internet. Terakhir, kelima, adalah Buku Anak Muda dan Aktivisme Digital yang menjelaskan bagaimana anak muda pada era digital ini dapat melakukan aktivisme dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Untuk membaca dan mengunduh kelima buku tersebut, klik tautan-tautan di bawah ini.

  1. Internet dan Hak Asasi Manusia (HAM)
  2. Internet untuk Demokrasi
  3. Tata Kelola Internet
  4. Privasi dan Keamanan Internet
  5. Anak Muda dan Aktivisme Digital




div#stuning-header .dfd-stuning-header-bg-container {background-image: url(http://www.tifafoundation.org/wp-content/uploads/2016/01/kemudi-1.png);background-size: cover;background-position: center center;background-attachment: scroll;background-repeat: no-repeat;}#stuning-header div.page-title-inner {min-height: 650px;}