Panduan Pencegahan dan Pengendalian Konflik Kepentingan di Rumah Sakit dan Perguruan Tinggi

Panduan Pencegahan dan Pengendalian Konflik Kepentingan di Rumah Sakit dan Perguruan Tinggi

Korupsi merupakan salah satu akar permasalahan pembangunan di Indonesia, termasuk peningkatan kualitas pelayanan publik seperti kesehatan dan pendidikan. Namun, menurut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), salah satu penyebab terjadinya korupsi adalah konflik kepentingan yang dimiliki para penyelenggara negara. Dalam menangani tindak korupsi, selama ini, pemerintah masih terlalu bergantung pada pegakan hukum. Padahal, upaya pencegahan melalui pembangunan integritas para pejabat publik dan sistem yang menopangnya juga merupakan hal yang tak kalah penting.

Untuk mencegah terjadinya korupsi di sektor pelayanan publik seperti kesehatan dan pendidikan, terutama yang disebabkan oleh konflik kepentingan, Transparency International (TI) Indonesia atas dukungan Yayasan Tifa menerbitkan dua Buku Pencegahan dan Pengendalian Konflik Kepentingan, satu di rumah sakit dan satu di perguruan tinggi. Buku panduan ini adalah satu-satunya buku pintar yang berisi informasi lengkap mengenai apa itu konflik kepentingan di rumah sakit dan perguruan tinggi, mulai dari sumber dan bentuk konflik kepentingan, strategi, hingga penerapan pencegahan dan pengendalian konflik kepentingan. Buku ini diharapkan dapat membantu aparatur penyelenggara negara dan masyarakat memahami konflik kepentingan sehingga terhindar dari jebakan korupsi.

Baca dan unduh Buku Pencegahan dan Pengendalian Konflik Kepentingan di Rumah Sakit di tautan ini dan Buku Pencegahan dan Pengendalian Konflik Kepentingan di Perguruan Tinggi di tautan ini.

div#stuning-header .dfd-stuning-header-bg-container {background-image: url(http://www.tifafoundation.org/wp-content/uploads/2017/05/TII-2.png);background-size: cover;background-position: center center;background-attachment: scroll;background-repeat: no-repeat;}#stuning-header div.page-title-inner {min-height: 650px;}