Program dan Kemitraan

Rencana Strategis Yayasan Tifa 2016-2020 telah merumuskan ulang visi organisasi menjadi “Terwujudnya masyarakat terbuka yang berkhidmat kepada kebhinekaan, kesetaraan dan keadilan”. Empat nilai dalam rumusan visi tersebut, yaitu keterbukaan, kebinekaan, kesetaraan, dan keadilan, menjadi empat prioritas area dalam pelaksanaan program Yayasan Tifa.

Dokumen Narrative Strategy Yayasan Tifa Periode 2017-2020 juga telah menetapkan dua masalah terkait dengan empat prioritas area tersebut yang akan ditangani dalam empat tahun kedepan yaitu melebarnya ketimpangan ekonomi dan meningkatnya intoleransi dan ketidakadilan terhadap kelompok minoritas dan marjinal di Indonesia. Berikut masalah prioritas yang akan menjadi fokus Yayasan Tifa dan cara penyelesaiannya.

Bagan 1. Penggambaran sejumlah masalah krusial dan penyebabnya.

Bagan 1. Masalah prioritas yang menjadi fokus Yayasan Tifa dan cara penyelesaiannya

Program Yayasan Tifa dalam periode 2017-2010, akan ditujukan untuk menangani permasalahan tersebut melalui dua pendekatan antara lain:

  1. Mendorong model pertumbuhan ekonomi inklusif di tingkat lokal, khususnya di pedesaan, yang mampu mempersempit kesenjangan akses antar kelompok masyarakat terhadap kesempatan pengembangan ekonomi, perikehidupan yang layak, serta pelayanan kebutuhan dasar.
  2. Memperkuat peran masyarakat sipil dalam mengatasi meluasnya ketidakadilan dan diskriminasi melalui: (i) peningkatan pelayanan bantuan hukum dan reparasi hak ekonomi terhadap kelompok minoritas, miskin, dan marjinal; (ii) penguatan akuntabilitas dalam proses penyelesaian kasus pelanggaran HAM masa lalu, baik di tingkat nasional maupun lokal; serta (iii) perluasan wacana dan dukungan publik bagi pemenuhan hak-hak demokrasi warga, khususnya di Papua.

Berdasarkan strategi yang telah disusun dan pendekatan yang disepakati, maka terdapat perubahan dalam fokus program Yayasan Tifa tahun 2017-2020 dimana terdapat program lama yang dipertahankan dan program baru yang dimasukkan.

Tabel 1. Program yang dijalankan Yayasan Tifa pada tahun 2017

Tabel 1. Program yang dijalankan Yayasan Tifa pada tahun 2017

Baik program yang dipertahankan maupun program baru berkorelasi dengan empat nilai yang diusung oleh Tifa, seperti terlihat dalam tabel berikut:

Tabel 2. Keterkaitan antara tema kerja dan nilai pokok Yayasan Tifa

Tabel 2. Keterkaitan antara tema kerja dan nilai pokok Yayasan Tifa

Sebagai intermediary grant making institution, Yayasan Tifa bekerja untuk mencapai visi dan misinya melalui pemberian dana hibah kepada organisasi masyarakat sipil di Indonesia yang memiliki kesamaan visi dan melakukan kerja-kerja sesuai dengan kelompok tema yang diusung oleh Yayasan Tifa. Untuk mengetahui lebih jauh tentang strategi dana hibah Tifa, kunjungi laman Dana Hibah dengan mengklik tautan ini

Lebih jauh mengenai konteks dari nilai utama Yayasan Tifa dan keterkaitannya dengan program yang dijalankan, silahkan kunjungi laman masing-masing tema.