Buku Sumber: Hak Atas Kebebasan Beragama atau Berkeyakinan di Indonesia

Laporan Jogja Darurat Air
Jogja Darurat Air: Laporan Amrta Institute untuk Hari Air Sedunia Tahun 2017
Maret 22, 2017
Paralegal
Paralegal: Titik Balik Kesadaran
Februari 14, 2017

Buku Sumber: Hak Atas Kebebasan Beragama atau Berkeyakinan di Indonesia

Buku Sumber KBB

Jaminan hak atas kemerdekaan beragama atau berkeyakinan (KBB) di Indonesia masih menghadapi sejumlah tantangan. Sebagian orang menilai konsep KBB tidak sesuai dengan budaya masyarakat Indonesia yang religius dan tidak mencerminkan budaya lokal. Ketidaksiapan dalam menerima dan berinteraksi dengan masyarakat lain yang berbeda agama dan keyakinan berujung pada tindakan intoleransi dan pelanggaran KBB seperti penutupan rumah ibadah, penyerangan kelompok keagamaan tertentu, penyesatan hingga penyebaran kebencian atas nama agama terus terjadi di tanah air.

Penegakan hukum terhadap kasus pelanggaran KBB pun tidak maksimal. Alih-alih dilindungi, warga berbeda keyakinan atau agama justru mengalami kriminalisasi karena dianggap mengganggu ketertiban umum. Tantangan tersebut mendorong jaringan Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan untuk mengangkat beragam pertanyaan dan tantangan KBB di Indonesia ke dalam Buku Sumber Hak atas Kebebasan Beragama atau Berkeyakinan di Indonesia.

Bagaimanakah gambaran lengkap tantangan perlindungan kebebasan beragama dan berkeyakinan di Indonesia? Baca lebih jauh dengan mengunduh Buku Sumber Hak atas Kebebasan Beragama atau Berkeyakinan di Indonesia lewat tautan ini.