Factsheet | Wajah Penyiaran Indonesia

cipg-1
Factsheet | Telaah Persoalan Penyiaran Indonesia
Desember 13, 2016
buku-post-event-reinovasi-memori
Re(i)novasi Memori
Oktober 29, 2016

Factsheet | Wajah Penyiaran Indonesia

cipg

Televisi kini menjadi salah satu media dengan penetrasi tertinggi di Indonesia. Namun, pesatnya perkembangan industri pertelevisian Indonesia belum diimbangi dengan penciptaan konten atau informasi yang beragam.

Untuk menguji hal itu, pada tahun 2013, Centre for Innovation Policy and Governance (CIPG) melakukan sebuah riset terhadap konten pertelevisian di Indonesia. Dari penelitian yang dilakukan selama satu bulan terhadap sepuluh stasiun televisi swasta terungkap bahwa konten-konten yang disajikan sangat didominasi oleh informasi dari Pulau Jawa, terutama wilayah Jakarta. Akibatnya, warga di penjuru Nusantara lebih tahu peristiwa yang terjadi di Jakarta dibandingkan dengan apa yang daerah tempat tinggal mereka.

Hasil penelitian CIPG tersebut menunjukkan bahwa tata kelola siaran digital di Indonesia masih buruk karena belum mampu mewujudkan keberagaman konten untuk seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, CIPG menilai digitalisasi pertelevisian menjadi hal yang penting untuk dibahas. Dan, berlangsungnya revisi Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran dan pembahasan digitalisasi merupakan awalan tepat untuk memperbaiki tata kelola penyiaran di Indonesia.

Baca hasil penelitian CIPG selengkapnya dengan mengklik tautan ini.