Re(i)novasi Memori

cipg
Factsheet | Wajah Penyiaran Indonesia
Desember 12, 2016
Tindak pidana terhadap simbol simbol negara dalam RUU KUHP
Tindak pidana terhadap simbol simbol negara dalam RUU KUHP
Agustus 1, 2016

Re(i)novasi Memori

buku-post-event-reinovasi-memori

Mengapa istilah hak asasi manusia (HAM) kerap terasa begitu jauh, sekaligus juga begitu dekat bagi banyak anak muda? Mereka belajar tentang HAM di sekolah, mereka mendengarnya sehari-hari di berita dan media, tetapi mereka sulit mengaitkan konsep HAM dengan kehidupan mereka sehari-hari.

Sayangnya, hingga kini upaya-upaya untuk melibatkan anak muda dalam kampanye isu HAM kerap melihat anak muda sebagai kelompok yang tidak atau belum tahu, sehingga mereka perlu diberi tahu apa yang penting, apa yang baik, dan apa yang seharusnya bisa dilakukan. Anak muda lebih banyak dilibatkan sebagai bagian dari massa, dengan narasi “perjuangan HAM” yang berjarak dengan keseharian mereka.

Setidaknya ada dua tantangan yang dihadapi gerakan masyarakat sipil di Indonesia dalam mengkampanyekan isu HAM di Indonesia, salah satunya ketika berhadapan dengan anak muda sebagai “audiens”-nya. Pertama adalah terputusnya narasi tentang peristiwa pelanggaran HAM di masa lalu dan kaitannya dengan kehidupan pada saat ini. Kedua adalah pekerjaan rumah untuk menjembatani kampanye HAM yang lekat dengan citra aktivisme “gaya lama”.

Untuk itulah, Pamflet bersama Koalisi Keadilan dan Pengungkapan Kebenaran (KKPK) dengan didukung oleh Yayasan Tifa menyelenggarakan sebuah kompetisi bertema Re(i)novasi Memori. Kompetisi ini tidak hanya bertujuan mengajak anak muda menginterpretasikan kembali kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia masa lalu yang terkumpul dalam buku Menemukan Kembali Indonesia, namun juga mengajak mereka secara aktif dan kreatif menjadi “aktivis” gaya baru — mendefinisikan masalah, mengartikulasikannya dalam karya, kemudian merencanakan kampanye bagi kelompok-kelompok strategis di sekitar mereka.

Sejumlah karya-karya terbaik para peserta kompetisi ini kemudian didokumentasikan ke dalam Buku Post-Event Re(i)novasi Memori ini. Klik tautan ini untuk membaca Buku Post-Event Re(i)novasi Memori selengkapnya.